Cara Membuat Laksa Udang Yang Lezat

wiemasen_laksa

Ada yang belum pernah makan Laksa? Saya sendiri ketika tinggal di Malaysia dulu baru merasakan berbagai jenis laksa, entah itu Laksa Serawak, Laksa Johor, Laksa Singapore, Laksa Seafood, Laksa Ayam, dan lainnya. Akibatnya Laksa menjadi salah satu makanan favorit saya. Kalau sudah jadi favorit, ya diusahakan bisa masak.

Jadi bagi yang belum pernah makan Laksa, saya akan ajarkan bagaimana cara membuat Laksa Udang (pastikan anda tidak alergi dengan udang … ) . Ada dua komponen utama dalam pembuatan Laksa Udang ini: ‘paste’ (bumbu yang sudah dihaluskan) dan kaldu udang. Lainnya assesoris belaka, tergantung selara.

Kalau mau mudah, ‘Laksa Paste’ ini bisa dibeli yang sudah jadi. Tapi entah kenapa, bumbu Laksa instan ini tidak seenak dibandingkan bumbu racikan sandiri. Apalagi bumbu Laksa buatan Indonesia. Tidak enak menurut saya. Kalau anda-anda pernah berhasil dengan bumbu Laksa instant ini, tolong bagi tahu saya ya 🙂

Satu lagi mengenai bumbu Laksa instant ini, saya pernah punya pengalaman mencicipi Laksa buatan mahasiswa Indonesia. Dari jauh memang harumnya sudah kecium menaikkan selera. Tapi ketika dicicipi, rasanya blah… hambar. Ini pasti hanya bergantung pada bumbu instant saja.

Baiklah, saya akan menjelaskan bagaimana membuat Laksa Udang yang enak. Anda sudah tidak sabar lagi bukan?

Bahan-Bahan

Apa yang membedakan Laksa kita dengan orang lain adalah bahan-bahan yang kita gunakan. Supaya rasanya enak, selalu gunakan bahan-bahan yang segar. Kalau terpaksa bolehlah yang sudah diproses.

Ini daftaranya:

  1. Kunyit segar
  2. Jahe segar
  3. Bawang Putih segar
  4. Serai segar
  5. Bawang Merah Kecil segar
  6. Cabe Rawit
  7. Cabe Merah atau Capcicum Merah
  8. Kemiri yang sudah direndam di air
  9. Rebon (Udang kering kecil)
  10. Bubuk Kari
  11. Bubuk Ketumbar
  12. Terasi (Balacan)
  13. Jeruk Nipis
  14. Daun Ketumbar
  15. Garam
  16. Gula Merah
  17. Minyak Ikan
  18. Bebola Ikan
  19. Dada Ayam
  20. Udang
  21. Kaldu Udang
  22. Stock Ayam
  23. Bebola Ikan
  24. Mie Telur atau ‘Rice Noodle’
  25. Minyak Goreng

Banyak ya bahannya? Tidak usah khawatir, kalau sudah pintar, bisa buat banyak sekaligus.

Cara Buat

Kupas udang dari kulit, kepala dan ekornya. Masak mereka bersama-sama untuk membuat kaldu udang. Masak selama 30 menit dengan api yang kecil. Setelah itu saring kaldu udang tersebut.

Tumis belacan udang (terasi) dengan minyak sedikit untuk menghilangkan bau terasi. Hati-hati jangan sampai hangus.

Iris serai, cabe merah besar, cabe rawit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan kunyit. Kemudian dihaluskan bersama-sama udang kering dan bumbu-bumbu halus lainnya yang ada di daftar bahan dari nomor 1 hingga nomor 12.

Panaskan minyak dan tumis terasi sebentar. Lalu masukkan bumbu yang sudah halus tadi dan aduk hingga harum sekitar 3 menit.

Setelah itu masukkan kaldu udang. Ingat jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak maka rasa udang akan terlalu keras, terlalu sedikitpun menyebabkan tidak ada rasa udang. Ini tergantung pengalaman dan selera masing-masing. Biarkan hingga mendidih.

Setelah mendidih, tambahkan santan. Tidak pakai santan pun tidak apa-apa. Tapi menurut pengalaman saya, santan ini akan membuat Laksa lebih lezat. Dulu saya takut-takut memberikan santan. Takut kolesterol. Tapi setelah merasakan laksa yang ada santan dan tidak ada santan, saya cenderung memasukkan santan yang banyak.

Setelah santan mendidih, masukkan bebola Ikan, dada ayam, udang, kaldu udang , kaldu ayam dan bebola Ikan. Kalau mau, masukkan juga ‘green bean’, touge, tahu goreng yang sudah diiris, daun mint dan daun ketumbar.

Untuk mengatur rasa, maka tambahkan garam, gula merah, minyak ikan, jeruk nipis dan cabe rawit kalau masih kurang pedas. Disinilah nantinya yang menentukan rasa Laksa anda. Jadi walaupun bumbunya sama, bisa jadi rasanya akan berbeda. Jangan takut untuk mencoba.

Terakhir masukkan mie. Biarkan beberapa saat hingga masak. Sesekali bisa diaduk. Beberapa menit kemudian baru bisa dihindangkan.

Selamat mencoba.

Comments

comments

Share Button
(Visited 349 times, 1 visits today)