Cara Masak Nasi Afghan

Pertama kali yang perlu dibuat adalah semur daging. Semur daging ini tergantung selera masing apakah itu manis, pedas, berempah, dll. Kalau nggak tahu cara buatnya, berarti tidak jadi buat nasi ini πŸ™‚ Saya minta tolong istri untuk masakin semur daging. Istri menjawab, bahwa dia hanya bisa buat yang versi Aceh karena pernah diajarin sama ibu saya. Ok sip, tidak ada masalah.

Sambil menunggu daging selesai dimasak, bisa kerjain yang lain dulu seperti menyerut wortel. Supaya hasilnya halus dan panjang-panjang, gunakan penyerut buah ya. Kalau tidak punya penyerut buah, iris aja sebesar biji korek api. Cukup satu atau dua wortel saja. Kalau kesukaannya wortel, bolehlah potong banyak-banyak. Tapi tidak jamin ya, kalau nanti kulitnya jadi kekuning-kuningan πŸ™‚ Nah wortel yang sudah diserut ini ditumis dengan gula secukupnya, sampai wortelnya tidak keras lagi. Diberikan gula, supaya memberikan rasa manis.

Oya, peringatan terlebih dahulu, bahwa hasil akhir nantinya cenderung manis. Tapi kalau tidak suka makan manis, apa boleh buat, terpaksa telan air liur saja ya. Tapi, ada tapinya nih, walaupun rasanya bakalan manis, tapi karena ada campuran rempah-rempah, jadinya tidak berasa β€œnek” kalau dimakan. β€œNek” ini apa bahasa Indonesia formal ya?

Ok kembali ke acara masak dulu. Tadi daging sedang dimasak, wortel serut selesai ditumis. Selanjutnya adalah mengupas kacang β€œpistachio”. Kalau tidak tahu bentuknya di internet, minta tolong sama paman Google ya? Cari kacang pistachio yang sudah dikupas dari kulit kerasnya. Kalau tidak, ya terpaksa kerja dua kali. Pertama-tama harus membuang kulit kerasnya. Kemudian mengupas kulit halusnya yang membungkus kacang ini. Supaya mudah dikupas, rendam dulu kacangnya di dalam air ya? Setelah dirasa cukup lama rendamnya, baru dikupas satu-persatu. Kalau ada yang susah dikupas, ya dimakan saja. Lumayan kok rasanya πŸ™‚

Slivered Almond, Pistachio, Sultana RaisinSlivered Almond, Pistachio, Sultana Raisin

Periksa daging semur, jangan sampai hangus ya? Ternyata belum jadi lagi. Nah tahap selanjutnya adalah menumis kismis, atau sultana dalam bahasa Inggris. Gunakan minyak secukupnya, jangan sampai terendam. Yang penting kismisnya mengembang ketika ditumis. Jaga-jaga jangan sampai hangus. Mana enak kismis hangus dicampur dengan nasi nantinya πŸ™‚ Seberapa banyak kismisnya? Tergantung selera juga. Kalau kismisnya banyak, setiap satu suap yang masuk mulut ada 1 atau 2 kismis yang ikutan masuk. Tapi kalau kismisnya terlalu sedikit, nanti malah setiap beberapa suap baru ada kismisnya.

Apa lagi ya? Masak nasilah, masak mau makan semur daging saja?

Disini kita gunakan beras basmati. Beras basmati ini setelah masak jadinya cantik, bentuknya panjang-panjang. Menarik untuk dilihat. Lagipula setelah menjadi nasi, butir-butir nya akan tetap terpisah.

So, cara buatnya, mula-mula didihkan air dalam kuali secukupnya. Setelah mendidih masukkan beras basmati ke dalam kuali tersebut. Jangan lupa membersihkan beras itu terlebih dahulu ya? Seberapa banyak berasnya? 4 cup sudah cukuplah untuk percobaan. Supaya tidak sedih nantinya kalau gagal, soalnya harga beras basmati ini agak mahal. Bersama-sama beras basmati itu masukkan bumbu rempah-rempah seperti 4 butir cengkeh, 4 gapulaga hijau (green cardamon), 1 gapulaga hitam (black cardamon), dan jintan putih (cumin). Masak hingga berasnya sudah hampir matang,. Kalau berasnya ditekan sudah tidak keras lagi, tapi masih belum cukup untuk dimakan.

Jintan Manis, Cengkeh, Gapulaga Hitam, Gapulaga HijauJintan Manis, Cengkeh, Gapulaga Hitam, Gapulaga Hijau

Setelah itu angkat kuali itu dari api kompor dan buang airnya. Rempah-rempah tadi jangan ikut dibuang ya? Setelah kering, campurkan nasi setengah matang itu dengan minyak olive secukupnya. Kalau tidak ada, bisa gunakan minyak yang lain. Tapi minyak olive ini lebih sehat dan aman untuk dimakan.

Untuk membuat warna jadi coklat, nasi yang setengah matang tadi dicampur dengan gula karamel secukupnya. Jangan gunakan kecap ya untuk membuat jadi coklat. Nanti jadi nasi kecap bukan nasi Afghan…hehehe.

Sekarang semur dagingnnya sudah jadi. Nasi setengah matang sudah dicampur dengan minyak olive dan gula karamel. Tahap selanjutnya adalah menggabungkan semur daging tersebut dengan nasi setengah matang itu. Letakkan semur daging terlebih dahulu ke dalam rice cooker. Kemudian ditutup dengan nasi setengah matang itu. Lalu kuah semur daging ditabur ke sekeliling nasi. Taburkan kismis, pistachi, wortel serut, dan kacang almond yang diiris panjang-panjang. Siap untuk dimasak kembali dengan ricecooker. Setelah matang, taburkan sisa wortel serut sebagai hiasan.

Comments

comments

Share Button
(Visited 141 times, 1 visits today)